Arab Saudi Tangkap 2 Orang Yang Tenggak Disinfektan Untuk Cegah Corona - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Arab Saudi Tangkap 2 Orang Yang Tenggak Disinfektan Untuk Cegah Corona

Arab Saudi Tangkap 2 Orang Yang Tenggak Disinfektan Untuk Cegah Corona

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Ilustrasi ( Source )
Mas Ifan News - Otoritas Arab Saudi menangkap 2 pemuda yang terlihat beraksi menenggak cairan disinfektan dalam sejumlah video yang sedang viral di media sosial. Aksi kedua pemuda itu sempat disebut sebagai cara menghindari terinfeksi virus Corona yang saat ini merajalela.

Seperti yang dilansir dari AFP dan Arab News, pada Jumat 20/3/2020, pada video-video yang viral, kedua pria muda itu terlihat meminum cairan disinfektan yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia. kedua pemuda itu melakukan aksi itu secara terpisah pada video-video yang direkam dan dibagikan juga secara terpisah.

Pada pernyataan via Twitter, Biro Penyelidikan dan Kantor Jaksa Saudi menyatakan sudha memerintahkan untuk menangkap kedua pemuda itu lantaran 'meminum disinfektan yang tidak boleh dikonsumsi manusia' dan 'menyesatkan orang-orang jika hal itu bisa melindungi manusia dari virus Corona'.

Kepolisian Saudi akhirnya menangkap 2 pemuda itu di Riyadh & Qassim. Keduanya disebut sebagai warga negara Saudi yang berusia 30-an tahun.

"Dengan mengacu pada video-video yang beredar di media sosial, dua pria itu tampak menyombongkan diri dan berpura-pura meminum larutan detergen berkonsentrasi tinggi, dan mempublikasikan video itu tanpa memikirkan konsekuensi dan dampak serius bagi publik," sebut juru bicara Kepolisian Riyadh dan Qasssim, Letnan Kolonel Shaker Al-Tuwaijri dan Letnan Kolonel Bader Al-Suhaibani, dalam pernyataan gabungan.

Jaksa Saudi meminta untuk dilakukan penangkapan kepada kedua pemuda itu karena dasar tindakan keduanya yang bertentangan dengan ajaran Islam dan aturan hukum yang berlaku, hal itu lantaran keduanya secara sengaja mengekspose diri mereka ke dalam risiko berbahaya serius atau kematian.

Tindakan kedua pemud itu juga dirasa berbahaya karena anak-anak bisa menirunya bahkan bisa membahayakan diri mereka sendiri. Tindakan kedua pemuda itu dirasa menghasut perilaku yang membahayakan untuk kesehatan dan ketertiban publik.

Kedua kasus ini sudah diteruskan pada pengadilan setempat. Kedua pemuda ini terancam mendapatkan hukuman maksimal 5 tahun penjara dan hukuman denda paling banyak sampai 3 Juta Riyal (Rp. 12,5 Miliar). Kasus ini didasarkan atas Undang-undang Antikejahatan Siber Saudi dan juga UU perlindungan Anak.

Video-video dua pria nekat minum Disinfektan itu pun banyak mendapatkan komentar dari para warganet, banyak warganet yang meminta agar kedua pria itu dihukum atas hal bodohnya tersebut.

Untuk mengurangi penyebaran virus Corona, otoritas Saudi untuk sementara ini sudah menutup sementara Bioskop, Mal dan restoran. Juga menghentikan beberapa penerabangan dan menghentikan umroh untuk tahun ini.

Arab Saudi juga menghentikan sementara ibadah salat berjamaah di seluruh masjid di wilayahnya, kecuali di Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Sumber Berita
Advertisement

Tags