IPB-UI Berhasil Temukan Senyawa Lawan COVID-19, Ini Resepnya? - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

IPB-UI Berhasil Temukan Senyawa Lawan COVID-19, Ini Resepnya?

IPB-UI Berhasil Temukan Senyawa Lawan COVID-19, Ini Resepnya?

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
ilustrasi ( Source )
Mas Ifan News - Jumlah orang yang terjangkit positif corona atau COVID-19 di negara Indonesia terus bertambah.

Pada hari Kamis kemarin 26 Maret 2020, tercatat dari jumlah komulatif ada sebanyak 893 kasus dan juga 78 orang meninggal dunia.

Dan sayang sekali sampai sekarang masih belum ditemukan obat atau antivirus COVID-19.

Akan tetapi hal ini mungkin bisa menjadi kabar bahagia untuk masyarakat. Karena, Institut Pertanian Bogor, menemukan senyawa yang paling berpotensi untuk melawan virus corona.

Senyawa itu ditemukan oleh tim periset Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC).

Selain itu juga Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) dan juga Departemen Ilmu komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

Dari hasil penelitian Bioinformatika itu, ada beberapa jumlah senyawa yang bisa memberikan perlindungan kepada mikroba dan virus.

Seperti yang disampaikan oleh Guru Besar IPB yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara, pada hari Jumat 27 Maret 2020.

"Senyawa itu adalah golongan flavonoid, yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan kepada mikroba dan juga virus," ujar Irmanida.

Dan yang sangat melegakan yaitu senyawa itu dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat.

"Senyawa ini banyak ditemukan pada kulit buah jeruk," ungkapnya.

Dengan seperti itu, selama #dirumahaja, masyarakat bisa membuat jus jeruk dengan ditambahkan sedikit kulit jeruk yang terlebih dahulu dicuci sampai bersih.

"Memang bakal terasa pahit. tahan rasa pahit itu lantaran itu memperlihatkan hesperidin ada di dalamnya," terangnya

Ia menyarankan, bagi yang tidak bisa mengkonsumsi rasa yang pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya.

"Beberapa senyawa dari kulit jeruk bakal larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. jangan lupa, jeruknya dicuci bersih terlebih dahulu," ingatnya

Irmanida juga menjelaskan, senyawa herperidin itu ada pada semua jenis jeruk.

“Jadi tidak harus jeruk buah. Kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya,” pungkasnya.

Sumber Berita
Advertisement

Tags