Penemu Penangkal Petir, Benjamin Franklin - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penemu Penangkal Petir, Benjamin Franklin

Penemu Penangkal Petir, Benjamin Franklin

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Benjamin Franklin ( Source )
Mas Ifan News - Di banyak gedung bertingkat, sering kita jumpai terdapat benda tiag tipis dan sedikit panjang yang ditancapkan pada bagian puncak gedung. Benda inilah yang disebut sebagai penangkal petir. Sesuai dengan namanya, penangkal petir digunakan sebagai alat untuk menangkal halilintar agar gedung dan isinya terlindungi.

Penangkalpetir merupakan rangkain jalur yang berfungsi sebagai jalur bagi petir menuju permukaan bumi tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya. Alat yang sangat berguna ini memiliki 3 komponen utama, yaitu batang penangkal petir, kabel konduktor, dan tepat pembumian.

Kinerja penangkal petir adalah ketika muatan listrik negatif yang terkandung pada bagian bawah awan sudah tercukupi, maka muatan listrikpositif yang ada di tanah akan tertarik ke atas. Muatan listrik itu merambat naikmelalui kabel konduktor menuju ke ujung batang penangkal petir. Pertemuan antara dua aliran muatan listrik itu akan menimbulkan aliran listrik.

Dengan kabel konduktor, aliran listrik yang berpotensi membahayakan itu akan dialirkan ke dalam tanah sehingga sambaran petir tidak berdampak buruk pada benda-benda lain yang ada diatas permukaan tanah.

Sang penemu penangkal listrik adalah Banjamin Franklin. Tokoh ini memang super jenius karena mempunyai keistimewaan di banyak bidang. Ketimbang sebgai seorang ilmuwan berbakat, nama Benjamin Franklin lebih dikenal sebagai negarawan yang mempunyai andil besar dalam Revolusi Amerika.

Franklin tercatat sebagai salah seorang Bapak Bangsa Amerika Serikat. Namanya bisa disejajarkan dengan George Washington, Thomas Jefferson, dan tokoh-tokoh terbesar Amerika lainnya.

Benjamin Franklin dilahirkan pada tahun 1706 di Milk Street, Boston, Massachushetts, Amerika Serikat. Franklin berasl dadri keluarga imigram dari Inggris yang tergolong dalam keluarga besar dengan banyak anggota di dalamnya. Franklin sendiri merupakan anak ke-15 dari 17 bersaudara.

Sejak kecil, ia sudah memiliki kebiasaan membaca buku-buku yang berbobot. Kecerdasan otak yang dimiliki Franklin pada akhirnya nanti terbukti.

Namanya, dikenal sebagai sosok besar yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Selain kondang sebagai negarawan dan ilmuwan, Franklin juga melakoni peran sebagai jurnalis, penulis, filantrofis, abilisonis, politisi, dan juga diploma.

Dalam upaya menemukan penangkal listri, Franklin melakukan sejumlah percobaan yang cukup beresiko. Ia memulai risetnya pada 1752 dan melakukan uji coba dengan menerbangkan layang-layang di tengan amukan badai guntur.

Franklin menempatkan batangan logam dengan ujung runcing dan menghadapke atas pada ujung layang-layangnya. Logam merupakan penghan tar arus listrik yang paling baik dan menjadi media berkumpulnya muatan listrik dari awan.

Muatan listrik itu diantar ke bawah melalui benang. Franklin kemudian mendekatkan bejana ke arah kunci logam, dan hasilnya, bejana tersebut dipenuhi muatan listrik. Penemuan inilah yang kemudian disebut dengan “Tongkat Franklin” atau yang kelak dikenal sebagai alat penangkal petir.

Berkat jasanya dalam menemukan alat penangkal petir, Franklin dianugerahi medali kehormatan dari Royal Society atas risetnya tentang listrik. Hasil penelitian itu pun menjadi inspirasi Franklin dalam merumuskan pada hukum kekekalan muatan. Masih di bidang kelimuan, Benjamin Franklin juga menciptakan “Tungku Franklin” yaitu ebuah desain perapian yang lebih efisien dan lebih aman  dan potensi bahaya kebakaran.

Di luar kebesaran namanya sebagai salah satu pencetus Revolusi Amerika dan kegemilangan kariernya sebagai salah satu penghuni di runag ilmu pengetahuan, Franklin masih memiliki banyak rintisan lain. Ia tercatat sebagai kepala kantor pos pertama di Amerika  Serikat, pembuat “perpustakaan umum” pertama di Amerika Serikat, dan orang pertama yang berhasil mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota.

Selain itu, Franklin juga pernah berkecimpung di bidang percetakan menjadi jurnalis surat kabar,menulis berbagai karya, dan sederet prestasi lainnya sebelum turut serta dalam perjuangan [emerintahan yang kelakmelambungkan namanya. Benjamin Franklin wafat pada 17 April 1790.
Advertisement

Tags