Bartolomeo Christofori Si Jenius Penemu Piano - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bartolomeo Christofori Si Jenius Penemu Piano

Bartolomeo Christofori Si Jenius Penemu Piano

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Bartolomeo Christofori Si Jenius Penemu Piano
Mas Ifan News - Selama ini piano dikenal sebagai salah satu jenis perangkat musik modern yang paling tua. Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tus-tus yang mengandung nada-nada tertentu denganjari-jari tangan.

Meskipun demikian, piano bukanlah jenis alat musik pertama yang dimainkan dengan menekan papan tuts-nya , perangkat musik sejenis yang merupakan cikal-bakal dari oiano telah dikenal sejak tahun 1440 M kendati alat musik itu belum sesempurna piano.

Piano merupakan salah satu instrumen atau dalam suatu pertunjukan musik, terutama musik klasik atau pergelaran orkestra. Seorang pianis (orang yang memainkan piano) biasanya berperan sebagai pemimpin atau pengendali dalam suatu pergelaran musikal.

Orang yang diyakini sebagai penmu piano modern adalah Bartolomeo Cristofori, musisi asal Italia. Cristofori dilahirkan pada 4 Mei 1655 di Padua, Venezia, Italia. Tidak banyak informasi yang mengungkap masa kecilnya. Sedikit diketahui bahwa Cristoforu mulai menyukai musik ketika bekerja untuk seorang pembuat biola ternama Italia Nikolo Amati.

Pada 1688, ketika Cristofori berumur 33 tahun, seorang bangsawan besar Italia Prince Ferdinando de Medici, tertarik untuk memperkejakannya. Prince Ferdinando de Medici adalah seorang dari bangsawan terkemuka berjuluk Grand Duke of Tuscany. Tuscany sendiri adalah nama dari sebuah kerajaan lokal  di Italia.

Atas dukungan Prince Ferdinando de Medici, Cristofori mulai merancang pembuatan alat musik yang kelak dikenal dengan sebutan piano itu sejak tahun 1700. Setelah Cristofori berhasil menyelesaikan alat musiknya pada 1720, banyakorang mengagumi barang baru itu.

Salah satunya Scipione Maffei, seorang jurnalis Italia, yang menyebut alat musik bikinan Cristoferi itu sebagai gravecembalo col piano e forte, yang berati harpsichord dengan papan tuts yang lembut dan bisa menghasilkan bersuara keras. Pada awalnya, orang-orang mengenal alat musik ini dengan nama pianoforte, namun, lama kelamaan penyebutannya disingkat menjadi piano saja.

Ketiak pertama kali diciptakan, suara piano generasu pertama itu memang t idak sekeras piano zaman sekarang. Hal itu disebabkan karena tegangan senar piano pada waktu itu belum sekuat piano yang dikenal kini.

Memang, sebelum Cristofori mengumumkan piano hasil buatannya, terdapat beberapa orang yang telah melakukan usaha yang sama, seperti Marius dari Prancis pada tahun 1716 dan Schroter dari Saxony pada 1717. Namun, dari kesemuanyaitu, yang berhasil menciptakan alat musik piano dengan wujud yang utuh, lengkapm dan dinilai paling baik adalah Cristofori.

Cristofori berinisiatif menciptakan piano dengan tujuan ingin mengharmonisasikan antara keindahan  dengan kekuatan nada. Dengan demikian, piano termasuk jenis alat musik yang fleksibel. Artinya, piano bisa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama pelan maupun cepat atau keras.. namun, kebanyakan orang lebih mengenal piano sebagai alat musik utama untuk lagu-lagu klasik dan orkestra yang terkesan lembut namun tetap beriwibawa.

Piano dengan segera dapat merebut hati orang Italia yang menang lekat dengan dengan orang-orang penyuka seni. Suara khas piano membuat orang yang mendengarnya akan ikut larut dalam suasana lagu yang sedang dimainkan.

Dari istana  Florence di mana Cristofori tinggal dan bekerja untuk Prince Ferdinan de’Medici, sering terdengar alunan suara piano yang mampu menggetarkan jiwa. Tidak lama setelah piano pertama selesai dibuat dan dimainkan hingga memikat khalayak ramai, mulai bermunculan para seniman yang mempelajari alat musik itu.

Akhirnya,piano pun menjadi alat msuik yang seolah-olah harus ada di setiap perhelatan musikal, dan Cristofori adalah tokoh sentral yang berada di balik terciptanya piano tersebut.

Pada 27 Februari 1731, Bartolomeo Cristofori meninggal dunia. Paino angkatan awal yang dibuat oleh Cristofori pada 1720 itu hingga sekarang masih bisa dinikmati keindahannya dan disimpan rapi di Mtropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat.

Selain itu, masih ada dua lagi perangkat piano karya Cristofori yang masih bertahan dan dirawat dengan baik. Sebuah piano buatan tahun 1722 disimpan di Museo Strumenti Musicali di Roma, Italia, sedangkan satu lagi, piano karya Cristofori yang dibuat pada 1726, terjaga dengan baik di Musikinstrumenten Museum of Leipzig University, Jerman.
Advertisement

Tags