Nostalgia Stik PS Dari Masa Ke Masa - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Nostalgia Stik PS Dari Masa Ke Masa

Nostalgia Stik PS Dari Masa Ke Masa

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Stik PlayStation Dari Mas Ke Masa ( Source )
Mas Ifan News - Pastinya kamu semua tidak asing dengan PlayStation, Konsol game ini paling populer di ASia dan merupakan saingan dari Xbox.

Dan seiring dengan berkembangnya teknologi terutama pada dunia gaming, PlayStation terus mengembangkan sebuah inovasi teknologi dengan terus mengeluarkan generasi terbaru mereka.

Dari mulai PS1 sampai sekarang sudah mencapai pada PS5. Dan ada banyak perubahan yang terjadi selain pada grafik gamenya, melainkan juga pada controller PS atau yang biasa kita sebut dengan nama Stik PS.

Dan ini perubahannya dari masa ke masa, PS1 sampai dengan PS5 :

PS1 - D Pad


Ini adalah stik generasi pertama yang dirilis di Amerika Utara di akhir tahun 1995, masa di masa para gamer terbiasa dengan SNES dan Sega Genesis. Sony memperkenalkan L1, L2 dan R1, R2. Di Controller ini juga mulai dirancang controller analog sebenarnya sebagai pengganti tombol arah yang memang terkesan kaku.

PS2 - Dualshock


Dengan terus berkembangnya kualitas grafis 3D dan mekanisme bermain di PS2, Sony pun terus mengembangkan controller mereka. Di Stik PS2 ini sebenarnya juga mirip dengan dualshock yang pertama diterapkan di PS1. Yang membedakan adalah tombol Analog di PS2 ini sudah lebih ringan dan juga mulus untuk digerakkan. Dan di Controller ini awal mula muncul dengan warna hitam yang gagah gaes.

PS3 - Mulai Banyak Perubahan Yang Terjadi


Di Controller PS3 ini kita mulai dibebaskan dari yang namanya Kabel, disini mulai muncul generasi Wireles. Bahkan di PlayStation ini juga dimungkinkan untuk menyalakan PS secara wireless. Dan di tombol R2 dan L2 memiliki lekukan yang lebih dalam.

PS4 - Kenyamanan Yang Luar Biasa


Kalau di Stik PS4 ini gue merasa bahwa ini adalah Stik PS yang paling nyaman digunakan, posisi tombol-tombol yang ada seperti Select dan Start pas banget lokasinya dan Stik nya juga nyaman digunakan. Gimana gaes kalau menurut kalian enakan Stik PS mana antara PS1 sampai PS4?

PS5 - Perubahan Yang Cukup Drastis


Di controller PS5 ini banyak sekali perubahannya. Bahkan Sony juga melakukan perubahan identitas DualShock yang bertahan dalam 4 generasi menjadi DualSense. Di Stik PS5 ini tombol yang biasa X, Kotak, Bulat Dan Segitiga berwarna-warna menjadi putih selaras dengan warna Stik nya gaes.

Tapi jujur gue belum tau bagaimana rasanya main dengan Stik ini, karena jujur gue belum pernah main PS5 jadi belum bisa mereview atau menuliskan bagaimana rasanya Stik ini.

Itu dia perubahan dari generasi ke generasi controller PS atau Stik PS, kalau kalian paling suka Stik yang mana gaes?
Advertisement

Tags