Padasan, Tradisi Cuci Tangan Yang Sudah Ada Sejak Dulu Sebelum Lahir Corona - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Padasan, Tradisi Cuci Tangan Yang Sudah Ada Sejak Dulu Sebelum Lahir Corona

Padasan, Tradisi Cuci Tangan Yang Sudah Ada Sejak Dulu Sebelum Lahir Corona

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Padasan, Tradisi Cuci Tangan Orang Dulu
Mas Ifan News - Mencuci tangan pada setiap kesempatan saat ini merupakan salah satu imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19. Tidak hanya itu saja, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan anjuran seperti itu.

Di Indonesia sendiri, kebiasaan mencuci tangan sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Hal ini mereka lakukan karena setiap hari melakukan aktivitas di luar dan ketika akan masuk ke dalam rumah.

Jauh sebelum menjadi imbauan pemerintah usai corona mulai merebak, budaya Jawa mempunyai kearifan lokal yang bernama Padasan, yaitu sebuah gentong besar yang ada di dalamnya berisikan air untuk membaasuh anggota tubuh seperti kaki, lengan dan juga wajah sebelum masuk ke dalam rumah. Di jaman dulu, benda itu biasanya diletakkan di bagian depan rumah.

Padasan, Tradisi Cuci Tangan Orang Dulu

Tidak hanya dipergunakan untuk mencuci semata, padasan juga merupakan tempat ait yang biasa digunakan untuk bersuci atau wudhu untuk mereka yang beragama Islam sebelum menjalankan ibadah shalat.

Tradisi ini sendiri tidak lepas dengan kondisi yang ada di masa lalu. Dimana masyarakat tradisional aktivitasnya tidak lepas seperti beternak, bertani dan berkebun. Tentu saja, hal itu membuat badan mereka menjadi kotor.

Karena itulah, banyak pemilik rumah lantas menyediakan padasan di depan rumah masing-masing supaya segera bisa digunakan usai beraktivitas. Sayangnya, tradisi ini rupanya mulai ditinggalkan seiring dengan peralihan zaman ke era yang lebih modern. Mungkin, padasan bisa kita temui pada beberapa mereka yang sadar akan manfaat itu meski kadang dianggap sepele.

Padasan, Tradisi Cuci Tangan Orang Dulu

Bentuk dari padasan itu sendiri umumnya adalah gentong terbuat dari tanah liat dan diberi lubang di bagian depan untuk jalan keluar air. kadang, pemiliknya juag melengkapi benda itu dengan gayung dari batok kepala dalam bahasa jawa disebut dengan nama Siwur.

Biasanya padasan dipasang di depan rumah agar bisa digunakan oleh orang lain juga. Itulah bukti betapa luhurnya kehidupan sosial bermasyarakat di pedesaan yang sarat dan juga petuah dan filosofi.

Nah, akhirnya kan setelah sekarang ada wabah seperti ini, mulai deh yang namanya padasan mulai diberlakukan lagi, dulu sempat ada yang menganggap hal ini adalah musrik karena disangkut-sangkutkan dengan hal mistis, padahal dulu adanya padasan ini karena biar ketika sebelum masuk rumah selalu bersih terlebih dahulu dengan cuci tangan, wajah dan juga kaki.
Advertisement

Tags