Perjuangan Prajurit Nubika, Anggota TNI Dalam Perangi Wabah Corona - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Perjuangan Prajurit Nubika, Anggota TNI Dalam Perangi Wabah Corona

Perjuangan Prajurit Nubika, Anggota TNI Dalam Perangi Wabah Corona

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Prajurit Nubika ( Source )
Mas Ifan News - Penanganan wabah virus corona (COVID-19) tidak hanya dilakukan oleh para tenaga medis saja, akan tetapi juga prajurit TNI dari satuan khusus juga ikut berjuang sekuat tenaga demi untuk menanggulangi pandemi ini. Pasukan itu adalah Kompi Zeni Nubika yang ada pada satuan TNI Angkatan Darat.

Seperti yang dilansir dari laman resmi TNI AD, tniad.mil.id pada 20/04/2020, satuan yang para anggotanya menggunakan pakaian hazmat itu berjuang keras untuk selalu mensterlisasikan RS Darurat Pasien COVID-19, seperti apa perjuangan mereka?

PASUKAN KHUSUS YANG DIMILIKI OLEH TNI AD

Prajurit Nubika ( Source )

Pasukan Nubika ini adalah singkatan dari Nuklir, Biologi dan Kimia, yang merupakan satuan khusus pada Angkatan Darat yang resminya bernama Kompi Zeni Nubika Ditzi TNI-AD.

Satuan ini sudah terbentuk pada 22 April 1986 di bawah Direktorat Zeni Angkatan Darat yang ditugaskan secara khusus untuk mengatasi ancaman yang berhubungan dengan bahan-bahan kimia dan juga biologi berbahaya.

PUNYA KEAHLIAN DALAM PENANGANAN BAHAYA YANG BERHUBUNGAN DENGAN NUBIKA

Prajurit Nubika ( Source )

Pada praktiknya di lapangan, pasukan Nubika ini mempergunakan bermacam teknik khusus untuk melakukan tugasnya, seperti deteksi, pengamatan, identifikasi dan juga pengukuran kepada ancaman dan bahaya yang ada.

Kemampuan mereka itu antara lain adalah disposal (pemusnahan) Nubika oleh peleton Nubika, pelaksanaan terbatas untuk mengidentifikasi debu radioaktif dan juga dekontaminasi.

CARA KERJA PRAJURIT PASUKAN NUBIKA KETIKA DI LAPANGAN

Prajurit Nubika ( Source )

Mewaspadai adanya ancaman perang biologis, kebocoran radiasi nuklir, sampai dengan wabah penyakit, membuat pasukan Nubika ini punya cara yang terstruktur untuk menangani hal itu. Mulai mempergunakan pakaian khusus seperti high safety level A untuk tindakan mitigasi, impremeable level B untuk tindakan ekstraksi, triase (pemilahan korban) dan yang terakhir adalah dekontaminasi untuk melenyapkan zat kimia yang ada pada tubuh korban.

IKUT TERJUN DALAM MEMBERIKAN BANTUAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN VIRUS


Pasukan Nubika juga ikut turun tangan untuk membantu tim medis di lapangan untuk menanggulangi wabah COVID-19. Dengan baju pelindung khusus, mereka bekerja keras untuk melakukan sterlisasi di Wisma Atlet yang dianggap sebagai are azona merah dan juga kendaraan medis yang selalu dibersihkan.

IKUT MEMBANTU PROSES KARANTINA DI NATUNA & KEPULAUAN SERIBU

Prajurit Nubika ( Source )

Selain membantu dan terjun langsung di lapangan, pasukan Nubika juga terlebih dahulu diterjunkan ketika proses karantina WNI yang baru saja tiba dari Wuhan dan di karantina di Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

WNI yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar World Dream dan juga Diamond Princess juga mendapatkan penanganan dari Pasukan Nubika.

Tentu saja bukan sebuah hal yang salah jika Kompi Zeni Nubika Ditzi itu disebut sebagai satuan yang langka pada tubuh TNI utamanya di Angkatan Darat, dan satu-satunya unit yang mempunyai kualifikasi tentang ancaman dan juga kejadian yang mempunyai hubungan erat dengan nuklit, senjaga biologi dan bahan kimia. gimana gaes menurut kalian?
Advertisement

Tags