Tolak Bala & Usir COVID-19, Warga Madiun Coba Pakai Sembelih Kambing Kendit - Mas Ifan News - Berita Hari Ini Terbaru
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tolak Bala & Usir COVID-19, Warga Madiun Coba Pakai Sembelih Kambing Kendit

Tolak Bala & Usir COVID-19, Warga Madiun Coba Pakai Sembelih Kambing Kendit

Advertisement
Jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan kami dengan Follow IG @MasIfanNews, Fanspage @MasIfanNewsOffical dan juga Subscribe Channel Youtube Mas Ifan News
Ritual Tolak Bala (Source)
Mas Ifan News - Warga Dusun Ngrawan, Desa Dolopo, Kabupaten Madiun melakukan ritual tolak bala guna mengusir virus yang sedang hits. Ritual yang dilakukan adalah penyembelihan seekor kambing jantan.

Kambing yang disembelih pun bukan kambing sembarangan. Melainkan harus kendit atau punya tubuh bulu putih yang melingkar pada bagian perut.

"Betul ini sejak nenek moyang dulu, ritual seperti ini sudah kerap dilakukan, meminta keselamatan dengan sarana kambing kendit yang perutnya ada warna lingkar," ujar sesepuh Dusun Ngrawan, Miswan, Jumat 28/8/2020 Seperti dilansir dari Detik.com

Menurut Miswan, jika yang disembelih bukan kambing kendit, maka ritual itu tidak akan sempurna. Sehingga dikhawatirkan banyak terjadi musibah yang akan menimpa warga.

"Jika tidak salah sejak dusun Ngrawan tahun 1783 ini berdiri, rutin setiap tahunnya melakukan hal seperti ini. Jika bukan kambing kendit, tidak akan sempurna kurang sedikit dua sampai 3 sentimeter itu saja akan ada musibah. Banyak kecelakaan karena kan kurang memenuhi syarat," imbuhnya.

Miswan menambahkan, Ritual itu juga sekaligus merupakan doa supaya wabah COVID-19 segera berlalu. "Iya betul ini tadi malam juga melakukan doa di masjid untuk tolak bala wabah corona. Dan tadi malam juga melakukan ziarah ke beberapa leluhur pendiri dusun," imbuhnya

Kepala Desa Dolopo, Sayekti mengucapkan, ritual penyembelihan kambing kendit ini dilakukan di simpang atau perempatan Dusun Ngrawan. Kepala kambing nantinya akan ditanam di tengah jalan yang diyakini sebagai pusatnya keraton Ngrawan, Kerajaan Gelang-Gelang sebelum masa Majapahit.
Advertisement

Tags